Lusi Nesrika jelita, S.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Afwan Bukan Maaf (Tagar#Tantangan Hari ke-28)

Afwan Bukan Maaf (Tagar#Tantangan Hari ke-28)

Hari ini, aku tidak tahu mau menulis apa. Aku bingung. Sebenarnya berbagai macam tema menari-nari di kepalaku. Namun, ketika aku pilih salah satunya, bingungku malah bertambah. Aku bingung mau memulai dari mana. Berkali-kali sudah aku menekan keyboard smartphoneku ini. Tapi, tetap saja gagal untuk memfokuskan ke salah satu tema.

Akhirnya, aku menyerah. Aku tutup kembali aplikasi Microsoft word yang ada di smartphone. Iseng ku buka Facebook sekedar membaca postingan para gurusianer di mediaGuru. Merasa jenuh, aku buka WhatsApp sekedar melihat pesan masuk. Mana tahu ada informasi penting yang belum aku baca. Ku sentuh layarnya. Kemudian, aku usap layar itu dengan jari telunjuk kananku. Tetiba, aku berhenti di salah satu percakapan. Spontan, timbul rasa geli di hati disertai rasa malu sendiri.

Di dalam percakapan itu, aku berbicara dengan seorang teman mengenai suatu topik. Di dalam pembicaraan tersebut, aku mengucapkan Sukron. Aku terbiasa mengucaplan Sukron untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada seseorang. Yang aku pahami, Sukron merupakan salah satu kosa kata yang berasal dari bahasa Arab. Kata 'sukron' artinya terima kasih. Itu saja. Maklum, dalam riwayat pendidikanku, aku tidak pernah belajar bahasa Arab. Tapi, Aku sering mendengar banyak orang mengucapkannya sebagai tanda terimakasih. Akhirnya, aku pun jadi ikut-ikutan deh.

Nah, lanjut cerita, setiap aku tulis sukron, si teman menjawab Afwan. Kejadian ini terjadi beberapakali. Aku heran. Lho, kok jawabnya maaf. Apa ada yang salah, pikirku. Keberanikan untuk bertanya. Tapi sebelum ia sempat menjawab, aku searching di google apa sebenarnya arti Afwan tersebut.

Subhanallah...betapa dangkal ilmu yang aku miliki. Ternyata, Afwan memiliki arti yang lain selain 'maaf'. Di dalam tulisan yang aku baca itu menjelaskan bahwa secara harfiah, arti 'afwan' adalah 'maaf'. Namun, pada penggunaan 'afwan' juga bisa digunakan sebagai jawaban dari 'sukron', yang dapat juga diartikan you're welcome atau diartikan 'sama-sama'. Berarti 'sukron' (terima kasih) jawabnya 'afwan' (sama-sama).

Di dalam tulisan itu dijelaskan juga bahwa 'afwan' artinya 'maaf'. Namun, jika dipahami lebih mendalam, sebenarnya kata 'afwan' mengajarkan kita tentang kerendahan hati. Kita tidak boleh bersikap sombong untuk kebaikan yang sudah kita lakukan. Kata 'afwan' mencerminkan bahwa pertolongan yang kita lakukan masih banyak kekurangannya.

Di dalam tulisan lain yang aku baca dijelaskan bahwa jawaban dari 'sukron' selain 'afwan' juga bisa 'jazakallahu khairan' yang berarti 'semoga Allah membalas kebaikanmu'.

Jadi, kalau kita mendapatkan ucapan terima kasih, maka jawabannya 'afwan' yang berarti 'sama-sama' dan 'jazakallahu khairan' yang berarti 'semoga Allah membalas kebaikanmu'.

Alhamdulillah, sekarang aku sudah paham tentang penggunaan kata 'sukron ', 'afwan', dan 'jazakallahu khairan'.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ante.Belajar terus belajar .terimakasih nte, sdh bertambah pl ilmu kt

11 Feb
Balas

Sukron nte... sukses selalu untuk Ante..

11 Feb

Asyik sudah tantangan ke28 ya buk Lusi

11 Feb
Balas

Insyaallah, Bapak juga nanti

11 Feb



search

New Post